Minggu, 06 Maret 2016

penyebab komedo



Penyebab Komedo di Hidung

1. Gorengan
Kulit kita merupakan hal sangat sensitif dan sangat dipengaruhi oleh pola makan kita sehari-hari. Hal yang sering kita makan namun itu yang dapat menimbulkan komedo adalah gorengan. Makanan ini biasanya berasa manis dan mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga menyebabkan kulit menjadi rusak. Anda bisa saja bandingkan sendiri jika anda sering mengkonsumsi gorengan dan tidak. Untuk menghindari komedo, ganti konsumsi gorengan tersebut menjadi buah dan sayur yang segar. Buah dan sayur sendiri banyak mengandung nutrisi untuk kulit sehingga akan membuat kulit tetap sehat.
2. Wajah Kotor
Kondisi badan yang penat setelah seharian bekerja dan di tambah dengan polusi udara membuat wajah menjadi kotor. Celakanya banyak orang yang mengabaikan ini dan langsung melakukan pekerjaan lain, seperti tidur dan nonton TV, setelah sampai di rumah. dengan menumpuknya kotoran di wajah dapat membuat pori-pori menjadi tersumbat. Komedo sudah pasti akan muncul di hidung.
3. Merokok
Banyak orang yang hanya mengetahui bahwa merokok lebih menyerang kesehatan paru-paru. Padahal dengan anda merokok juga dapat menyebabkan munculnya komedo. Asap rokok yang mengandung partikel halus bersifat berbahaya bagi kesehatan wajah. Komedo pun akan semakin mudah muncul di hidung. Selain menyebabkan komedo dan jerawat, kebiasaan merokok juga dapat membuat kulit cepat keriput.
4. Make up Berlebihan
Bagi kesehatan wanita, menggunakan make up yang berlebihan memang dapat menimbulkan beberapa resiko. Selain dapat menyebabkan iritasi akibat penggunaan bahan kimia yang berlebihan di wajah, make up dapat menyumbat pori-pori dan dapat menyebabkan komedo.
5. Alkohol dan Kafein
Mengkonsumsi alkohol dan kafein secara terus menerus selain dapat menimbulkan berbagai efek samping dalam tubuh kita, juga dapat menyebabkan munculnya komedo. Alkohol dapat menyebabkan pola tidur anda kacau dan hal ini berakibat pada terganggunya kesehatan kulit wajah. Sedangkan kafein mampu merangsang kelenjar minyak untuk berproduksi berkali-kali lipat sehingga hidung anda berminyak dan dapat menimbulkan komedo.
6. Hormon Tidak Stabil
Kadar hormon setiap orang berbeda-beda, dan beberapa orang di antaranya memiliki hormon yang tidak stabil. Seseorang yang memiliki kadar hormon testosteron tinggi lebih mudah berkomedo. Hal ini dikarenakan aktifnya kelenjar sebaceous yang menyebabkan sebum berproduksi secara berlebihan.
7. Malas Keramas Rambut
Keramas rambut sepertinya tidak berpengaruh terhadap wajah, namun sebenarnya  ini dapat menyebabkan komedo juga. Kulit kepala yang memproduksi minyak berlebih akan mengalir ke wajah pada saat terkena air dan bercampur dengan bakteri dan kotoran. Hal inilah yang dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori di wajah dan dapat menimbulkan komedo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar